Mengenali Tanda Alergi dingin yang Ringan dan Parah


Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu seseorang terkena alergi dingin seperti kontak langsung antara kulit dengan udara dingin, selepas mandi saat cuaca dingin, paparan AC, dan perubahan suhu yang drastis. Reaksi yang ditimbulkan biasanya sangat cepat dan sering dialami oleh orang dewasa muda dan orang yang memiliki gangguan kesehatan tertentu.

Mengenali Tanda Alergi dingin yang Ringan dan Parah

Tanda-Tanda Apabila Terkena Alergi Dingin

Ø Warna kulit memerah dan bentol-bentol
Tanda yang paling mudah dikenali adalah permukaan kulit yang memerah dan disertai dengan rasa gatal. Kondisi semacam ini biasanya tidak langsung hilang karena dapat berlangsung hingga 24 jam bahkan lebih. Semakin lama intensitas gatalnya pun semakin terasa, dan muncul ruam-ruam atau bentol berwarna kemerahan atau putih sebagai tanda adanya peradangan.

Sebagai pertolongan pertama, sebaiknya berpindahlah ke ruangan yang suhunya cukup hangat. Selain itu, jangan kenakan pakaian berbahan panas karena dapat memicu keringat yang membuat kulit lembab sehingga membuat rasa gatal semakin parah. Apabila ruam merah dan rasa gatal tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter untuk menghindari gejala yang lebih serius.

Ø Tangan membengkak
Pembengkakan pada bagian tubuh seperti tangan terjadi karena tubuh mengalami inflamasi. Tangan yang bengkak akan terasa berat dan kebas sehingga mengganggu aktifitas oleh sebab itu sebaiknya istirahat terlebih dahulu agar tidak semakin parah. Selain itu, segera periksakan ke dokter karena pembengkakan di area tertentu seperti leher dapat menyebabkan kematian.

Ø Merasa pusing
Selain tanda yang nampak pada kulit, alergi akan paparan udara dingin juga ditandai dengan rasa pusing akibat terpapar udara dingin. Intensitas pusingnya dapat bertambah tergantung dari kondisi penderita. Tanda pusing semacam ini dinilai cukup berbahaya ketika penderita sedang mandi, berenang atau sedang di jalan karena dapat menyebabkan kehilangan fokus dan keseimbangan.

Ø Tenggorokan terasa membengkak
Bagian lain yang dimungkinkan bengkak adalah tenggorokan, dan biasanya dipicu oleh makanan atau minuman dingin yang dimakan. Pembengkakan pada tenggorokan dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan. Dalam kasus yang cukup parah, bukan hanya tenggorokan saja yang bengkak tetapi juga lidah sehingga dapat mengganggu saluran pernapasan yang membuat penderita sesak napas. 

Kadar reaksi terhadap udara dingin berbeda untuk tiap-tiap orang. Namun, sebaiknya segera periksakan ke dokter walaupun reaksi yang muncul masih tergolong ringan untuk menghindari reaksi lain yang lebih parah seperti pembengkakan pada tenggorokan dan lidah. Sebagai pertolongan pertama, hindari ruangan yang ber-AC, pindah ke ruangan yang lebih hangat, dan mengenakan pakaian hangat yang berbahan lembut.

Biasanya resiko terkena alergi udara dingin terjadi pada anak-anak, remaja, orang dewasa muda, orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, dan orang yang anggota keluarganya memiliki riwayat alergi. Pada anak-anak/remaja/orang dewasa biasanya alergi dingin akan membaik dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan kondisi kesehatan yang memicu alergi seperti kanker dan hepatitis.
0 Komentar untuk "Mengenali Tanda Alergi dingin yang Ringan dan Parah"

Back To Top